Kunjungan Studi Tiru LPMPP Unila Ke Universitas Sriwijaya Dalam Rangka Pengembangan Layanan Pembelajaran

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan Studi Tiru ke Universitas Sriwijaya (UNSRI) pada hari Rabu, 8 Oktober 2025. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala LPMPP, Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., Sekretaris LPMPP, Dr. Maulana Mukhlis, S.Sos., M.IP., serta diikuti oleh para Kepala Pusat dan tim kerja di lingkungan LPMPP Unila.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen Universitas Lampung dalam memperkuat sistem penjaminan mutu internal serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui benchmarking ke perguruan tinggi yang telah berstatus PTN-BH.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr., yang dalam kesempatan tersebut turut didampingi oleh Direktur Direktorat Akademik Unsri, Prof. Dr. Ida Sriyanti, S.Pd., M.Si., serta Direktur Direktorat Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.Si., dan Kasubdit Pembelajaran, Sabri Sudirman, Ph.D. menyambut kedatangan rombongan di ruang Kantor Pusat Aministrasi Unsri.

Dalam sambutannya, Prof. Rujito Agus Suwignyo menyampaikan apresiasi atas kunjungan LPMPP Universitas Lampung. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi negeri dalam berbagi pengalaman dan praktik baik (best practices) dalam bidang akademik dan penjaminan mutu, terutama di tengah dinamika kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia yang semakin adaptif terhadap perubahan global.

“Kami menyambut baik kehadiran LPMPP Universitas Lampung. Kegiatan seperti ini bukan hanya menjadi ajang berbagi pengalaman, tetapi juga memperkuat jejaring akademik antar perguruan tinggi. Melalui sinergi ini, kita dapat bersama-sama meningkatkan kualitas layanan akademik dan sistem penjaminan mutu di lingkungan perguruan tinggi,” ujar Prof. Rujito.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan profil Universitas Sriwijaya, tentang transformasi kelembagaan, tata kelola akademik, serta strategi implementasi penjaminan mutu di lingkungan PTN-BH. Setelah itu, kegiatan berlanjut dalam bentuk diskusi interaktif antara tim LPMPP Unila dan jajaran Direktorat Akademik UNSRI.

Dalam diskusi tersebut, kedua pihak membahas secara mendalam berbagai aspek strategis, antara lain:

  • mekanisme tata kelola akademik di lingkungan PTN-BH;
  • kebijakan pengembangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran;
  • sistem monitoring dan evaluasi pembelajaran;
  • inovasi dalam pengelolaan pembelajaran digital, serta
  • strategi penguatan budaya mutu di tingkat fakultas dan program studi.

Kepala LPMPP Unila, Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan studi tiru ini merupakan langkah strategis dalam mendukung visi Unila untuk menjadi universitas unggul di tingkat nasional dan internasional.

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi LPMPP Unila dalam memperkuat tata kelola akademik dan penjaminan mutu pembelajaran, terutama dalam menghadapi tantangan menuju PTN-BH.

Pengalaman Universitas Sriwijaya sangat berharga bagi kami dalam menyusun kebijakan dan sistem yang lebih efektif di Unila,” ungkap Prof. Abdurrahman.

Kegiatan berlangsung dalam suasana hangat dan penuh antusiasme. Diskusi diwarnai dengan pertukaran pengalaman praktis serta penyusunan rencana tindak lanjut (follow-up) kerja sama antara Universitas Lampung dan Universitas Sriwijaya di masa mendatang, khususnya dalam bidang pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu.

Melalui kegiatan Studi Tiru ini, LPMPP Universitas Lampung berharap dapat memperkuat kapasitas kelembagaan, mengembangkan inovasi pelayanan akademik, serta memperluas jejaring kolaborasi antarperguruan tinggi.

Langkah ini menjadi bagian penting dari komitmen Unila dalam mewujudkan sistem pendidikan tinggi yang bermutu, berkelanjutan, dan berorientasi pada peningkatan daya saing bangsa. [amat buhori, S.Pd.]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *